Kamis, 24 Maret 2011

Konsumer, Habitat, Relung


Konsumer atau biofag adalah berbagai spesies hewan yang memakan organisme hidup dan saprofag seperti berbagai spesies pengurai yang memakan organisme mati. Kelompok organisme konsumer disebut pula heterotrof. Konsumer dapat dibagi menjadi tiga antara lain:
1.   Konsumer primer, yaitu hewan-hewan yang memakan tumbuhan
2.   Konsumer sekunder, yaitu hewan-hewan yang memakan konsumer primer
3.   Konsumer tersier, yaitu hewan karnivora besar yang memakan konsumer sekunder

Di samping herbivora dan karnivora, organisme konsumer yang lain adalah omnivora. Kebutuhan materi dan energi omnivora diperoleh dari produser dan konsumer lain, sehingga omnivora disebut pula hewan pemakan tumbuhan dan hewan lain.
(Jalmo, Tri & Achmad, Armin. 2002. Biologi Umum. Bandarlampung: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.)
Habitat suatu organisme tidak lain adalah tempat organisme itu berada, atau dengan kata lain sebagai alamat organisme itu di alam. Suatu habitat selalu berupa kawasan fisik dengan batas yang jelas, dan dapat dihuni oleh banyak spesies. Relung adalah status atau peran dari suatu spesies di dalam habitat, komunitas, atau ekosistemnya.
Relung ini sangat tergantung pada adaptasi struktural, respon fisiologis, dan prilaku organisme yang bersangkutan. Berbeda dengan habitat. Relung bukanlah ruang fisik, tetapi suatu abstraksi yang mencakup semua faktor kimia, fisika, fisiologis, dan biotik yang diperlukan untuk kelangsungan hidup organisme yang bersangkutan.
(Achmad, Arwin & Pramudiyanti. 2008. Penuntun Praktikum Biologi Dasar. Bandarlampung: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas     Lampung.)

Mirnawati (0913024054)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...